Minggu, 12 April 2015

makalah tumbuhan paku sayur

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Tumbuhan paku adalah merupakan salah satu kelompok  tumbuhan yang tertua yang masih dapat di jumpai di daratan diduga tumbuhan paku merupakan tumbuhan berkormus tertua yang menghuni daratan bumi. Tumbuhan berkormus adalah tumbuhan yang memiliki akar, batang, dan daun yang sebenarnya. Artinya, batang akar dan daunnya sudah memiliki pembuluh angkut xilem dan floem.
Paku sejati dikenal sebagai tumbuhan paku yang sebenarnya dan dapat dilihat di sekitar kita, yang umumnya disebut pakis. Paku sejati memiliki banyak tulang daun dan mempunyai makrofil (daun besar), serta mesofil (daging daun).  Memiliki daun ukuran lebih besar. Sporangium tersusun dalam bentuk sorus di permukaan daun. Letak sorus di permukaan daun (atas, bawah), di ujung/di tepi. Paku sejati ada yang tumbuh di darat, air, atau rawa-rawa. Kelompok yang hidup di darat meliputi jenis paku dari yang terkecil sampai yang terbesar (berupa pohon), misalnya suplir, paku sarang burung dan paku tiang. Kelompok yang hidup di air misalnya paku air, paku sampan, dan semanggi.
Salah satu jenis paku adalah paku sayur. Paku ini dapat dikonsumsi dan mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Tumbuhan paku ini tidak dibudidayakan tetapi diambil langsung di habitat aslinya. Habitat paku ini di daerah yang lembab atau di bawah pohon besar yang teduh atau lembab.

1.2  Rumusan Masalah
·         Apa yang dimaksud paku sayur?
·         Bagaimana anatomi, fisiologi, dan morfologi paku sayur?
·         Dimana habitat dan bagaimana cara perkembangbiakkan paku sayur?
·         Apa manfaat paku sayur bagi manusia?

1.3  Tujuan Penulisan
·         Untuk mengetahui Klasifikasi tumbuhan paku sayur beserta dengan habitatnya
·         Untuk mengetahui anatomi, fisiologi, dan morfologi tumbuhan paku sayur
·         Untuk Mengetahui manfaat paku sayur bagi manusia














BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Tumbuhan Paku
Tumbuhan paku atau Pterydophyta tergolong tumbuhan Cormophyta karena sudah memiliki akar, batang, dan daun sejati. Tumbuhan paku memiliki cara hidup yang bemacam-macam, ada yang saprofit, epifit, hidup di tanah, atau di air. Tumbuhan ini juga mengalami metagenesis seperti lumut tetapi bebeda pada fase yang dominant. Pada tumbuhan paku fase yang lebih dominan adalah pada fase sporofit dibandingkan dengan gametofit sehingga tumbuhan paku yang kita lihat sehari-hari merupakan fase sporofit.
Pada umumnya, tumbuhan paku banyak hidup pada tempat lembap sehingga disebut sebagai tanaman higrofit. Pada hutan-hutan tropik dan subtropik, tumbuhan paku merupakan tumbuhan yang hidup di permukaan tanah, tersebar mulai dari tepi pantai sampai ke lereng-lereng gunung, bahkan ada yang hidup di sekitar kawah gunung berapi.
2.2 Karakteristik Tumbuhan Paku
Secara umum, ciri-ciri tumbuhan paku mempunyai:
1.      Lapisan pelindung sel yang terdapat di sekeliling organ reproduksi,
2.      Embrio multiseluler yang terdapat di dalam arkegonium,
3.       Lapisan kutikula pada bagian luar tubuh,
4.      Sistem transportasi internal yang berfungsi sebagai pengangkut air dan zat-zat mineral dari dalam tanah,
5.      Struktur tubuh terdiri atas bagian-bagian akar, batang dan daun,
6.      Akarnya berupa rizoid yang bersifat seperti akar serabut dengan ujung dilindungi kaliptra,
7.      Batangnya pada umumnya tidak tampak (kecuali tumbuhan paku tiang) karena terdapat di dalam tanah berupa rimpang, menjalar, atau sedikit tegak,
8.      Daunnya yang muda umumnya melingkar atau menggulung,
Berdasarkan bentuk, ukuran dan susunan daunnya, tumbuhan paku dapat dibedakan menjadi:
1.      Daun mikrofil (daun kecil), berbentuk seperti rambut atau sisik, tidak bertangkai dan bertulang daun serta belum memperlihatkan diferensiasi sel.
2.      Daun makrofil (daun besar), ukurannya besar, bertangkai, bertulang daun, dan bercabang-cabang serta sel-selnya sudah terdiferensiasi dengan baik.
Berdasarkan fungsinya, daun tumbuhan paku dapat dibedakan menjadi:
1.      Daun tropofil, daun yang khusus sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis,
2.      Daun sporofil, daun yang berfungsi sebagai penghasil spora.

Spora dibentuk di dalam sporangium (kotak spora) yang terkumpul di dalam suatu badan yang disebut sorus yang terletak di bawah permukaan daun sporofil, berupa bintik-bintik kuning, cokelat, atau cokelat kehitaman. Sewaktu masih muda, sorus dilindungi oleh selaput tipis yang disebut indisium.

2.3 Reproduksi Tumbuhan Paku
            Reproduksi tumbuhan paku berlangsung secara metagenesis. Reproduksi vegetatif dengan spora haploid (n) yang dihasilkan oleh tumbuhan paku. Jadi, tumbuhan paku merupakan tumbuhan dalam fase sporofit (penghasil spora). Reproduksi generatif terjadi melalui peleburan antara spermatozoid dan ovum yang dihasilkan oleh protalium. Jadi, protalium yang berbentuk talus merupakan fase gametofit (penghasil gamet).
Berdasarkan jenis spora yang dihasilkan, tumbuhan paku dibedakn atas 3 golongan, yaitu:
a.       Paku homospora (isospora), yaitu menghasilkan satu jenis spora dengan bentuk dan ukuran yang sama. Paku homospora disebut juga berumah satu karena sporanya akan tumbuh menjadi protalium pembentuk anteridium maupun arkegonium Contoh: Lycopodium sternum (paku kawat).
b.      Paku heterospora (anisospora), yaitu tumbuhan paku yang menghasilkan dua jenis spora yang berlainan yaitu mikrospora (berkelamin jantan yang berukuran kecil) dan makrospora (spora berkelamin betina yang berukuran besar). Contohnya adalah Marsilea crenata (semanggi) dan Selaginella (paku rane)
c.       Paku peralihan, yaitu jenis tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan bentuk dan ukuran sama, tetapi berbeda jenis kelaminnya. Satu berjenis kelamin jantan dan yang lain berjenis kelamin betina. Contohnya adalah Equisetum debile (paku ekor kuda).

2.4  Klasifikasi Tumbuhan Paku
Dalam sistem klasifikasi 5 kingdom, tumbuhan paku temasuk dalam kingdom Plantae (tumbuhan) dan memiliki beberapa kelas yaitu Psilophytinae, Equisetinae, Lycopodiinae, dan Filicinae.
a.      Psilophytinae
Merupakan paku purba. Disebut juga paku telanjang karena tidak berdaun atau daunnya kecil (mikrofil), ada pula yang tidak berakar sejati. Kebanyakan sudah punah dan dapat ditemukan dalam bentuk fosil. Satu jenis yang masih ditemukan sampai sekarang adalah Psilotum nudum.
b.      Equisetinae

            Berupa rerumputan dengan batang beruas, sporangium terdapat dalam strobilus berbentuk gada. Daun kecil, tunggal, dan tersusun melingkar. Contohnya Equisetum dan Calamites. Equisetum (paku ekor kuda) tumbuh di dataran tinggi. Batangnya seperti rebung asparagus atau mirip daun cemara. Batangnya berongga, berbuku-buku, dan tumbuh tegak. Daun terdapat pada setiap buku, melingkar, berbentuk sisik, dan kecil (berupa mikrofil).
c.       Lycopodiinae
  
Berupa rerumputan, pangkal batang tidak memiliki pendukung akar, sporofil berbentuk ginjal dengan ujung yang meruncing panjang dan tepi bergerigi. Daunnya kecil (mikrofil) dan tersusun spiral. Batangnya seperti kawat. Contohnya Lycopodium, Selaginella, dan Isoetes. Selaginella banyak ditanam di pot atau taman.
d.      Filicinae

Merupakan tumbuhan paku yang sering dilihat di sekitar kita, yang umum disebut pakis. Berdaun besar (makrofil), daun muda menggulung, memilki tulang daun, sudah memiliki mesofil (daging daun), dan sporangium terdapat pada sporofil (daun penghasil spora). Contohnya paku tiang (Alsophila glauca) yang tumbuh di daerah pegunungan, berbentuk seperti pohon palem, batangnya berwarna hitam. Contoh lain adalah suplir (Adiantum cuneatum) untuk tanaman hias dan semanggi (Marsilea crenata) yang hidup di tanah berair.



BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Pengertian Paku Sayur
Paku sayur (Diplazium esculentum) merupakan sejenis paku/pakis yang biasa dimakan ental mudanya sebagai sayuran oleh penduduk Asia Tenggara dan Kepulauan di Samudera Pasifik.  Paku ini termasuk kedalam golongan paku homospora. Paku sayur (pakis) adalah salah satu dari 20,000 jenis  spesies tumbuhan      yang di klasifikasikan ke dalam divisi pteridophyta dan juga lebih dikenal sebagai filidophyta. Pteridophyta merupakan tumbuhan kormofita karena sudah berupa akar,batang dan daun yang sesunguhnya.
3.2 Klasifikasi Paku Sayur
Kerajaan          :           Plantae
Divisi               :          
Pteridophyta
Kelas               :          
Pteridopsida
Ordo                :          
Athyriales
Famili              :          
Athyriaceae
Genus              :          
Diplazium
Spesies            :           Diplazium esculentum

3.3 Habitat Paku Sayur
Paku ini biasanya tumbuh di tepi sungai atau di tebing-tebing yang lembab dan teduh, di pinggir sungai terlindung pada tanah yang kaya bahan organik. Dapat tumbuh dari ketinggian 350 m -1600 m dpl lebih. Paku ini juga banyak di temukan di pegunungan dan tempat-tempat dataran tinggi lainnya. Tumbuhan paku ini berasal dari Amerika dan sangat terkenal karena paku ini di gunakan untuk makanan.Tumbuhan paku ini kebanyakan berbentuk semak,akan tetapi ketika membesar akan menyerupai pohon.
3.4 Morfologi Paku Sayur







Text Box: Gambar 1.1 Struktur Morfologi Paku  Sayur 




Deskripsi Diplazium esculentum Swartz
Rimpang: pendek merayap 5 mm.













Majemuk, menyirip, lanset, tepi bergerigi, ujun runcing, pangkal tumpul, panjang 5-6 cm, lebar 1-2 cm, tangkai silindris, berambut, pertulangan menyirip, hijau. Ental yang muda ditutupi oleh sisik berwarna coklat muda. Tersusun atas 15 pasang anak-anak daun panjangnya 40 cm dan lebarnya 8 cm. Tekstur daun agak kaku dengan tepi bergigi berwarna hijau gelap.
Stipe: cokelat kemerahan pada pangkal, ke atas hijau, sangat beralur, beberapa sisik dekat pangkalan, bersatu untuk bentuk-v di atas.
Pinnae: 20 sampai 40 pasangan, costae beralur terus menerus dari malai ke costae.
Sori: linier sedikit melengkung, lurus dari tengah midvein atau hampir ke margin dalam pola herringbone, indusiumnya linier, gigih, tembus, sinus, sedang sporangia hitam,biasanya jatuh akhir musim panas(Broun, 2011).














Gambar 1.3 Batang Paku Sayur

Tangkai berwarna hijau agak halus dan berdaging dengan ental diujung, dengan panjang 20-50 cm. Pada daun 2 – 3 pinnate, 5-3 menyirip, dan panjangnya 50-80 cm. Yang pinnules berbentuk pisau pembedah dengan panjang 2-5 cm dan agak kasar bergerigi. Pada sori yang dangkal, diatur di pasang di sisi pembuluh darah atau veinlets. Tumbuhan ini banyak dijumpai di lembah-lembah di pinggir sungai terlindung pada tanah yang kaya bahan organik.






                        Gambar 1.4 Sorus
Paku sayur memiliki akar yang gemuk, liat akar yang sering berkumpul dapat dijual. Tangkai berwarna hijau dan agak halus, dengan panjang 20-50 cm. Pada daun 2 – 3 pinnate, 5-3 menyirip, dan panjangnya 50-80 cm. Yang pinnules berbentuk pisau pembedah dengan panjang 2-5 cm dan agak kasar bergerigi. Para sori yang dangkal, diatur di pasang di sisi pembuluh darah atau veinlets.
Rhizoma merambat ke errect, bersisik: rimpang-sisik bergigi, malai berlekuk dengan lekukan khas dan membuka. Daun pakis sederhana untuk pinnately gabungan menyirip urat, atau melapisi dengan gambaran yang mirip untuk membentuk areoles persegi empat agak penuh pada setiap samping veinlets (seperti venasi goniopteroid) biasanya berbulu atau bersisik pada sumbu. Sori memanjang di sepanjang vena indusia bulan sabit, sering berdekatan dengan bukaan sebelahnya dan sebaliknya, batangnya tegak (tagawa , 1979).

3.5 Fisiologi Paku Sayur
·         Mengalami GERAK HIGROSKOPIS yaitu gerak yang ditimbulkan oleh pengaruh perubahan kadar air. Misalnya : membukanya anulus pada sporangium (kotak spora) pada tumbuhan paku sayur.
·         Mengalami METAGENESIS yaitu pergiliran keturunan atau pergantian siklus.
·         Memiliki klorofil sehingga dapat membuat makanannya sendiri atau disebut dengan autotrof.
·         Dapat melakukan fotosintesis pada daun tropofilnya.
·         Paku ini biasanya tumbuh di tepi sungai atau di tebing-tebing yang lembab dan teduh, di pinggir sungai terlindung pada tanah yang kaya bahan organik.
·         Sudah mempunyai akar, batang, dan daun.
  • Fase sporofit pada metagenesis tumbuhan paku memiliki sifat lebih dominan daripada fase gametofitnya.

3.6 Anatomi Paku Sayur
Baik pada akar, batang, dan daun, secara anatomi tumbuhan paku sudah memiliki berkas pembuluh angkut, yaitu xilem yang berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari akar menuju daun untuk proses fotosintesis, dan floem yang berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.
3.7 Reproduksi Paku Sayur
            Paku sayur termasuk ke dalam golongan paku homospora yaitu menghasilkan satu jenis spora dengan bentuk dan ukuran yang sama. Paku homospora disebut juga berumah satu karena sporanya akan tumbuh menjadi protalium pembentuk anteridium maupun arkegonium.
Sama dengan tumbuhan paku lainnya, tumbuhan paku sayur pada perkembangbiakannya menunjukkan pergiliran keturunan, yaitu fase sporofit dan fase gametofit. Gametofit tumbuhan paku memiliki beberapa perbedaan dengan gametofit lumut, yaitu gametofit pada tumbuhan paku sayur dinamakan dengan protalium tetapi sama-sama bersifat haploid.
Protalium ini hanya berumur beberapa minggu saja. Bentuk dari protalium ini seperti jantung, warnanya hijau, dan melekat pada substratnya. Protalium ini terdapat pada anteridium yang terdapat pada bagian paling sempit dan arkegonium yang terdapat pada lekukan bagian yang lebar. Jadi, keduanya berada pada sisi bawah protalium di antara rizoidnya.

Gambar 1.5 Protalium
Sporofit pada tumbuhan paku sayur sangat berbeda dengan sporofit pada lumut, yaitu jika terjadi pembuahan, maka protalium akan segera binasa, tetapi jika tidak terjadi pembuahan, maka protalium dapat bertahan hidup sampai lama. Sporofit inilah yang akan tumbuh menjadi tumbuhan paku sayur. Agar lebih jelas mengetahui daur hidup tumbuhan paku sayur.

Gambar 1.6  Daur hidup tumbuhan paku sayur
Keterangan:
1.      Spora haploid
2.      Gametofit muda
3.      Gametofit dewasa atau protalium
4.      Anteridium (organ seks jantan)
5.      Arkegonium(organ seks betina)
6.      Anteridium tunggal yang melepaskan sel sperma (6a)
7.      Arkegonium tunggal dan sel telur (7a)
8.      Fertilisasi oleh sperma
9.      Zigot
10.  Embrio sporofit yang masih berada pada arkegonium
11.  Sporofit muda
12.  Sporofit muda
13.  Sporofit dewasa
14.  Kumpulan dari sporangia yang berada di belakang daun sporofit
15.  Sporangium, spora berkecambah (15a)
Berdasarkan gambar, urutan daur hidup tumbuhan paku sayur seperti berikut ini: mula-mula dari spora tumbuh protalium berbentuk benang dan mempunyai rizoid, kemudian terbentuk beberapa sel, fase ini berlangsung hanya pendek/sebentar. Selanjutnya, terjadi pembelahan sel-sel yang terus menerus dan akan menghasilkan suatu protalium yang melekat pada substratnya.
Pada protalium ini terdapat anteridium dan arkegonium, biasanya terdapat pada sisi yang tidak menghadap sinar matahari, yaitu pada sisi bawah. Arkegonium baru terbentuk setelah protalium mendapatkan kesempatan yang cukup lama berasimilasi, jadi sudah cukup mengumpulkan persediaan makanan, sedangkan anteridium sudah dibentuk terlebih dahulu. Bagaimana jika keadaan makanan sangat buruk, apakah arkegonium akan terbentuk?
Anteridium yang dibentuk pada mulanya berupa tonjolan berbentuk papil, kemudian terbagi oleh suatu dinding pemisah berbentuk corong. Jika anteridium sudah masak, sel-sel yang melingkar dan terisi lendir akan mengembang kemudian akan terlepas. Demikian pula spermatid berbentuk bulat yang terdapat dalam anteridium akan menggembung dan terlepas, dan tiap spermatid mengeluarkan satu spermatozoid dengan banyak bulu cambuk. Apabila arkegonium sudah masak yang ditandai dengan membuka pada ujungnya, maka spermatozoid bergerak masuk ke dalam arkegonium menuju ke sel telur sehingga terbentuklah embrio.
3.8 Manfaat Paku Sayur
·         Perasan daun digunakan sebagai tonik untuk ibu-ibu setelah melahirkan dan sebagai ekspektoran untuk mengobati batuk
·         Ekstrak daun tua digunakan sebagai lulur untuk mengobati demam dan untuk mengurangi bau keringat
·         Rimpang ditumbuk dan direndam dalam air untuk kemudian diminum sebagai obat disentri
·         Sumber  asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 itu sendiri berfungsi untuk meningkatkan memori, meningkatkan kadar kolestrol baik dan juga membantu dengan penurunan berat badan dan tumbuhan paku sayur memiliki kandungan nutrisi tersebut.
·         Makanan antioksidan
Tumbuhan Paku sayur telah terbukti memiliki sebanyak dua kali lebih besar mengandung anti-oksidan dibanding buah blueberry.  Jenis anti – oksidan yang terkandung dalam tumbuhan paku sayur memiliki kapasitas untuk meningkatkan jumlah glutathione (anti - oksidan kuat) dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.
·         Anti- inflamasi
Campuran efektif anti-oksidan dikombinasikan dengan asam lemak omega 3 pada tumbuhan paku sayur akan membantu tumbuh mencegah peradangan . Kedua keunggulan ini juga bermanfaat untuk menghindari mekanisme pertahanan tubuh kita, menyerang sel-sel kita sendiri,seperti seseorang dengan penyakit autoimun.
·         Serat (fiber)
Setengah cangkir sayur paku sayur mengandung 7g serat makanan. Serat dalam tumbuhan paku sayur sangat ideal memperlancar BAB dan mampu mengatasi sembelit.
·         Mencegah penyakit kardiovaskular
Tumbuhan paku sayur mencakup lebih dari 30 % dari kebutuhan sehari-hari niacin . Niacin meningkatkan kolesterol HDL serta membantu dalam mengurangi kolestero lLDL untuk menghindari sumbatan arteri serta memperlancar sirkulasi darah.
·         Kaya Vitamin A
Vitamin A penting untuk kesehatan mata,ginjal,kandung kemih. Vitamin A juga membantu menerangi infeksi bakteri tubuh manusia.Karena tumbuhan paku sayur ini berlimpah dengan vitamin A,anda mungkin dapat memanfaatkan semua keuntungan dari vitamin A dengan mengkonsumsinya.
·         Sumber Macronutrients
Manfaat tumbuhan paku sayur juga mengandung nutrisi protein serta karbohidrat 100g pakis mentah didalamnya terdapat 5,54g karbohidrat serta 4,55 protein. Sehari-hari orang dewasa harus memiliki kebutuhan minimal 40% dari karbohidrat serta 46g protein. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi 100g pakis akan menyediakan 10% dari kebutuhan protein sehari-hari.



BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Tumbuhan paku sayur (Diplazium esculentum) merupakan tumbuhan berkormus dan berpembuluh yang paling sederhana. Hidup di tempat yang lembap. Akar serabut berupa rizoma, ujung akar dilindungi kaliptra. Sel-sel akar membentuk epidermis, korteks, dan silinder pusat (terdapat xilem dan floem).
Batang tumbuhan paku tidak tampak karena terdapat di dalam tanah berupa rimpang, sangat pendek. Daun ketika masih muda melingkar dan menggulung. Beradasarkan bentuk dan ukuran dan susunannya daun tumbuhan paku dibedakan menjadi mikrofil dan makrofil. Berdasarkan fungsinya daun tumbuhan paku sayur dibedakan menjadi tropofil dan sporofil.
Tumbuhan paku sayur bereproduksi secara aseksual (vegetatif) dengan stolon yang menghasilkan gemma (tunas). Gemma adalah anakan pada tulang daun atau kaki daun yang mengandung spora. Reproduksi seksual (generatif) melalui pembentukan sel kelamin jantan (gametangium jantan/anteridium) dan sel kelamin betina (arkegonium). Seperti pada lumut tumbuhan paku sayur juga mengalami pergiliran keturunan (metagenesis). Paku sayur termasuk golongan paku homospora.
Tumbuhan paku sayur juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Contonhya digunakan sebagai sayuran, obat-obatan, dan sebagainya.

4.2 Saran
            Paku sayur banyak manfaatnya bagi manusia, selain untuk konsumsi, paku sayur dapat juga digunakan sebagai bahan obat-obatan. Oleh karena itu pelestarian habita paku sayur harus di perhatikan. Kita sebagai manusia yang banyak mendapatkan manfaat dari paku sayur, sudah sewajarnya harus menjaga dan melestarikan populasi paku sayur.

3 komentar:

  1. Top 10 Casinos Near Harrah's Philadelphia Casino & Racetrack
    1 부천 출장마사지 Harrah's Philadelphia Casino & Racetrack It 거제 출장안마 is not a casino in Harrah's 계룡 출장안마 Philadelphia, but it 광명 출장마사지 is a casino and racetrack in 울산광역 출장샵 the area. Harrah's Philadelphia

    BalasHapus